Pembelian Databank Backpack Hardcase Transformer & External Hard Disk Hardcase dari Dinomarket

Pembelian 2 buah produk hardcase ini (Databank Backpack Hardcase & Databank External Hard Disk Hardcase) adalah pembelian pertama di Dinomarket.com yang saya lakukan pada tanggal 10 Juni 2013. Kebetulan pada waktu itu, produk dari Databank ini belum bisa ditemui di toko online lainnya, sehingga saya ‘terpaksa’ membelinya¬†di Dinomarket ini – yang notabene tidak begitu terkenal ūüėÄ -.

Databank backpack hardcase & Databank external harddisk hardcase

Databank backpack hardcase & Databank external harddisk hardcase

Alasan pembelian tas ransel (backpack) hardcase

Awalnya, saya hanya berniat untuk mencari tas ransel umumnya sebagai pengganti tas lama saya yang sudah rusak. Tapi setelah browsing sana-sini, eh malah nemu tas-tas ransel yang menurut saya memliki desain yang unik ataupun berbahan (lapisan) tidak seperti tas ransel kebanyakan. Salah satu yang membuat saya tertarik adalah tas ransel dengan bahan hardcase (cangkang keras).

Dengan faktor kekuatan yang sepertinya melebihi tas ransel biasa, saya rasa tas jenis ini cocok dengan saya yang sering membawa laptop dan gadget di dalam ransel. Ditambah lagi perjalanan berkendara dengan sepeda motor yang memiliki resiko terjatuh yang tinggi menjadikan perlindungan terhadap tas ransel menjadi penting. Meskipun tingkat kekuatan bahan hardcase ini tetap ada batasnya, tetapi minimal tas hardcase ini bisa lebih tahan terhadap benturan sehingga barang elektronik di dalamnya lebih terjaga.

Tas dengan lapisan luar hardcase ini selain lebih kokoh dan tahan benturan, juga rata-rata berdesain unik. Desain unik ini saya rasa karena faktor bahan hardcase tersebut yang bersifat keras/permanen, sehingga faktor estetika bisa lebih ditonjolkan. Dengan begitu, tampilan desain pada lapisan hardcase tersebut akan selalu bisa terlihat meskipun tas dalam keadaan kosong. Seingat saya, belum banyak yang menggunakan tas dengan lapisan hardcase seperti ini kecuali mungkin hanya pesepeda yang sering saya lihat menggendong tas seperti ini di punggungnya.

Dengan alasan-alasan yang menguatkan tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk mencari produk tas ransel dengan bahan hardcase atau minimal dilapisi dengan bahan hardcase. Dan dari hasil pencarian di internet, saya memutuskan untuk membeli tas ransel (backpack) hardcase dari merek Databank. Databank ini adalah produsen perlengkapan kantor yang berbasis di Taiwan.

Alasan pembelian external harddisk hardcase

Selain tas ransel, casing untuk harddisk eksternal ini pada awalnya tidak terpikir untuk saya beli sekalian. Tapi setelah melihat produk-produk Databank lainnya, ternyata brand ini menyediakan produk pelindung untuk harddisk dan juga gadget-gadget lain. Hampir semua produknya memiliki karakteristik yang sama yaitu dilengkapi dengan lapisan hardcase.

Saya pun jadi teringat harddisk eksternal yang saya miliki, perangkat komputer tersebut pernah terjatuh ketika saya terburu-buru mengeluarkannya dari tas. Meskipun harddisk tersebut tidak mengalami kerusakan, karena pengalaman tersebut saya terdorong untuk memberikan perlindungan lebih terhadap perangkat tersebut.

harddisk eksternal merek Buffalo warna putih

Masih ingat kan dengan harddisk saya yang kabelnya sudah mencoklat ini? ūüėÄ

Jadinya, saya pun ‘tergoda’ untuk melengkapi¬†harddisk eksternal pertama saya tersebut dengan salah satu wadah hardcase yang diproduksi oleh Databank. Ditambah lagi harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal, sehingga tidak terlalu banyak pertimbangan untuk saya memutuskan membelinya.

Proses pembelian Databank Backpack Hardcase Transformer & External Hard Disk Hardcase dari Dinomarket

Pembelian langsung saya lakukan begitu mendapatkan pilihan barang yang saya inginkan yaitu Databank Backpack Hardcase Transformer (CBP-ARS16) warna silver dan Databank External Hard Disk Hardcase (HD-001) warna putih. Setelah mendaftar menjadi member di toko online tersebut, saya langsung saja memasukkan barang yang saya pilih ke dalam Keranjang Belanja dan menyelesaikan proses pembelian.

Total pembelian untuk 2 buah produk Databank tersebut adalah Rp 638.000, dengan rincian harga tas ransel hardcase Rp 539.000 dan casing harddisk Rp 99.000. Ditambah dengan biaya pengiriman melalui kurir JNE dari Dinomarket (Jakarta) ke tempat saya (Cimahi, Jawa Barat) sebesar Rp 10.000, jadi total biaya yang harus saya bayarkan adalah Rp 648.000.

Transaksi pembelian - Databank backpack hardcase dan external harddisk hardcase dari Dinomarket.com

Transaksi pembelian Databank backpack hardcase dan external harddisk hardcase

Invoice pembelian - Databank backpack hardcase dan external harddisk hardcase dari Dinomarket.com

Invoice pembelian

Meskipun sudah terbiasa melakukan pembayaran dengan transfer manual melalui internet banking BCA (KlikBCA), tapi saya memilih mencoba metode pembayaran BCA Klikpay untuk pertama kalinya. Menurut saya, BCA klikpay ini lebih praktis dibandingkan dengan KlikBCA. Hal ini karena langkah pembayaran dilakukan di dalam proses yang sama dengan pembelian, dan juga update status pembayaran berlangsung otomatis sehingga tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran secara manual.

Email pembayaran BCA Klikpay - Databank backpack hardcase dan external harddisk hardcase dari Dinomarket.com

Email pembayaran BCA Klikpay

Email notifikasi pembelian - Databank backpack hardcase dan external harddisk hardcase dari Dinomarket.com

Email notifikasi pembelian

Setelah penyelesaian proses pembelian pada sore hari (pukul 16.10), keesokan harinya paket pembelian tersebut sudah sampai di tempat saya Рyang kalau tidak salah sampainya sore hari juga -. Pengiriman paket pembelian ini tidak saya sangka ternyata bisa secepat ini. Sejauh pengalaman saya, waktu pengiriman kiriman reguler dari Jakarta ke Cimahi biasanya paling cepat 2 hari.

Paket Kiriman

Paket kiriman dari toko online Dinomarket ini saya rasa lumayan menarik untuk pemain ecommerce baru yang belum banyak dikenal. Paket dikemas dengan cukup rapi dan juga tampilan kertas pembungkus paketnya (wrapper) cukup menonjol dengan tulisan brand Dinomarket.com dicetak di seluruh permukaannya.

Paket pengiriman ini dilengkapi stiker keterangan alamat pengiriman paket dan stiker keterangan barang pecah belah dari JNE (Fragile, Handle with Care). Cukup apik ternyata toko online ini menyiapkan paket pengiriman produknya.

Bongkar Paket

Selanjutnya saya melakukan ‘pembongkaran’ (unboxing) paket pengiriman ini.¬†Pertama saya buka bagian atas kertas pembungkus kardusnya, kemudian selanjutnya saya lepaskan seluruh kertas wrapper tersebut. Setelah kertas pembungkus terbuka seluruhnya, barulah terlihat kardus yang mengemas barang pembelian saya itu.

Di sini, pengalaman positif saya agak berkurang untuk pembelian ini. Kenapa? Ternyata kardus yang mengemas tas ransel pesanan saya itu bukan merupakan kardus kemasan asli produknya maupun kardus branded dari toko online Dinomarket (seperti yang biasa saya temukan pada kardus paket dari Bhinneka). Sayang sekali ya, padahal kertas wrapper-nya sudah bagus, tapi kardus pembungkus produknya kurang greget.

Kardus yang digunakan tersebut bertuliskan:
Progressive
ITEM NO: HG-56
Desc. ETCHED BLADE STYLE MANDOLINE SLICER
PO #STOCK-0004/11
QTY: 3 PCS
MADE IN CHINA

Kardus pembungkus tersebut sepertinya bekas produk lain, yang jelas-jelas bukan kardus kemasan produk Databank Backpack Hardcase. Saya coba search¬†istilah “Etched blade style mandoline slicer” ini, yang muncul adalah produk perlengkapan dapur semacam pisau pengiris bahan makanan.

Saya sempat berpikir jangan-jangan barang ini salah kirim. Setelah saya buka kardusnya, untungnya berisi barang yang benar saya pesan yaitu tas ransel Databank.

Tapi kemudian saya bertanya-tanya lagi kok cuma ada tas ransel saja, di mana casing harddisk yang saya pesan juga?¬†Saya pikir barang kedua tersebut mungkin akan dikirim terpisah. Tapi setelah saya membuka kemasan tas ransel dan coba membuka resletingnya, casing harddisk itu tersimpan di bagian dalam tas ransel. Waduh, baru belanja pertama kali udah bikin kaget aja nih Dinomarket. ūüėÜ

Databank external harddisk hardcase di dalam backpack hardcase Transformer

Ternyata casing harddisk-nya di dalam tas ūüėÜ

Kemasan Produk

Kemasan untuk Databank backpack hardcase hanya menggunakan plastik pembungkus bening saja. Sedangkan untuk harddisk hardcase, kemasan produk aslinya adalah plastik tebal yang menggunakan zip lock (slider zipper). Plastik tebal ini bisa digunakan juga sebagai pelindung tambahan untuk harddisk di dalam casing hardcase dari hujan atau cipratan air. Pada bagian luar dilapisi lagi dengan plastik pembungkus bening.

Kemasan Databank backpack hardcase

Ini dia penampakan kemasan Databank backpack hardcase yang sangat minimalis beserta kelengkapannya:

Kemasan Databank external harddisk hardcase

Dan ini kemasan dan kelengkapan Databank external harddisk hardcase:

Detail Produk

Berikut ini, tampak detail dari kedua produk¬†ini – meskipun hasil fotonya tidak detail-detail amat, faktor keterbatasan kamera murah ūüėÜ -.

Detail produk Databank backpack hardcase

Detail produk Databank external harddisk hardcase

Ujicoba

Nah, sekarang kita coba tes pemakaian produk-produk ini untuk pertama kalinya.

Ujicoba Databank backpack hardcase

Ujicoba Databank external harddisk hardcase

*Harap dimaklum kalau foto-fotonya banyak yang buram, karena waktu itu belum mampu upgrade kamera. ūüėÄ

Di dalam paket pembelian juga dilampirkan lembaran pengisian survei sekaligus marketing gimmicks.

Lembar pengisian survei dan marketing gimmicks Dinomarket

Juga terlampir 4 lembar brosur promosi Dinomarket BAZAAR JAKARTA edisi Juni 2013.

 

Setelah percobaan sebentar, produk-produk ini cukup memenuhi harapan saya yang memang baru pertama kali memiliki tas ransel hardcase dan casing harddisk. Walaupun begitu, untuk mengetes kekuatan lapisan hardcase-nya perlu dilakukan percobaan lebih lanjut. Untuk selanjutnya, nanti saya akan coba ulas juga daya tahan produknya¬†setelah beberapa lama waktu pemakaian di artikel review. Sampai disini dulu… ūüėČ


Respons

Beri Respons