Registrasi BCA KlikPay

BCA KlikPay adalah layanan yang disediakan oleh bank BCA untuk para nasabah pengguna layanan internet banking (KlikBCA) untuk memfasilitasi pembayaran online yang lebih praktis. Website-website ecommerce besar seperti Lazada, Bhinneka, Blibli, dll sudah mendukung pembayaran belanja dengan BCA KlikPay ini. Disini saya akan jelaskan secara rinci langkah-langkah untuk registrasi BCA Klikpay ini.

Cara Registrasi BCA KlikPay

Bagi yang belum pernah memanfaatkan layanan BCA KlikPay ini, saya sarankan untuk coba daftar (gratis kok! ūüėÄ ) dan rasakan praktisnya bila dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya (seperti transfer manual atau pembayaran ecommerce di KlikBCA).

Tapi sebelum kita lanjut, bagi yang belum tahu tentang layanan BCA KlikPay ini sebaiknya membaca beberapa artikel di bawah ini terlebih dahulu agar paham konsep dan cara kerjanya.

  • Tentang KlikBCA, layanan internet banking dari Bank BCA
  • Apa itu BCA KlikPay?
  • Perbedaan antara KlikBCA dan BCA KlikPay

Nah, kalau sudah paham dan tertarik untuk menggunakan layanan BCA KlikPay ini sebaiknya persiapkan dulu hal-hal berikut ini yang dibutuhkan untuk proses registrasi.

 

Yang Harus Dipersiapkan sebelum melakukan Registrasi BCA KlikPay

Sebelum melangkah ke proses registrasi BCA KlikPay, ada 3 hal yang WAJIB disiapkan agar bisa membuka account BCA KlikPay. Ketiga hal ini diperlukan sebagai syarat aktivasi maupun untuk keperluan melakukan transaksi pembayaran online dengan BCA KlikPay. Hal-hal yang harus dipersiapkan tersebut, yaitu:

  1. Alamat Email
    Alamat email ini diperlukan sebagai syarat pendaftaran dan nantinya salah satu kode aktivasi untuk proses aktivasi KlikPay akan dikirimkan ke alamat email ini. Alamat email ini digunakan untuk login di halaman KlikPay bersamaan dengan password. Notifikasi untuk status transaksi atau pemberitahuan lainnya juga akan selalu dikirimkan ke alamat email ini.
  2. Nomor seluler
    Nomor selular (nomor HP) ini juga diperlukan sebagai syarat pendaftaran dan juga nanti SMS berisi kode aktivasi lainnya akan dikirimkan ke nomor HP ini. Kode keamanan sekali pakai atau disebut kode OTP (One Time Password) juga akan dikirimkan ke nomor ini agar bisa memproses transaksi.
    *
    Catatan: nomor seluler ini jangan sampai hilang atau non-aktif, karena SMS yang berisi kode OTP untuk setiap transaksi yang kita lakukan akan dikirimkan ke nomor ini. Jika kode OTP tidak dapat kita terima, maka transaksi tersebut tidak akan bisa dilakukan (dibatalkan). Hal ini pernah saya alami ketika nomor seluler CDMA saya tidak bisa digunakan lagi karena operator selulernya (Esia) berhenti beroperasi.
  3. Account KlikBCA atau Kartu Kredit BCA (salah satu)
    Untuk bisa menggunakan BCA KlikPay sebagai metode pembayaran online, tentu harus ada sumber dana yang dipakai untuk pembayaran tersebut. Nah, jenis pembayaran ini dapat dipilih apakah menggunakan dana dari rekening bank (melalui KlikBCA) atau menggunakan Kartu Kredit BCA. Saya pribadi menggunakan jenis pembayaran dengan KlikBCA.
    *
    Catatan: Jika BCA Klikpay akan digunakan untuk transaksi pembelian online dengan cara cicilan (kredit), maka harus memilih jenis pembayaran Kartu Kredit BCA. Sampai saat ini, BCA KlikPay dengan jenis pembayaran KlikBCA belum bisa untuk pembayaran cicilan. Jenis pembayaran KlikBCA hanya dapat digunakan untuk membayar transaksi dengan pembayaran penuh / tunai.

 

Langkah-langkah Registrasi BCA KlikPay

Proses registrasi BCA KlikPay ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu proses pendaftaran dan proses aktivasi. Kedua proses ini harus diselesaikan agar account BCA KlikPay dapat digunakan.

Pendaftaran Account BCA KlikPay

Proses pendaftaran ini dilakukan di halaman website BCA KlikPay, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke halaman BCA KlikPay (https://klikpay.klikbca.com).Halaman Login BCA KlikPay
  2. Jika tampilan menu masih menggunakan Bahasa Inggris, ganti bahasa terlebih dahulu ke Bahasa Indonesia. Selain supaya lebih mudah dipahami, juga karena tutorial ini memakai pilihan Bahasa Indonesia. Caranya, klik Bahasa Indonesia di menu kanan atas (di samping menu Home).Halaman BCA KlikPay ganti bahasa Indonesia
  3. Klik Daftar.Halaman BCA KlikPay - klik Daftar
  4. Muncul halaman “Syarat dan Ketentuan BCA KlikPay”.Halaman Syarat dan Ketentuan BCA KlikPay
  5. Scroll halaman tersebut ke bawah sampai akhir halaman.Halaman Syarat dan Ketentuan BCA KlikPay
  6. Centang pilihan (ceklis) yang bertuliskan “Dengan ini Saya telah membaca, memahami dan menyetujui hal-hal yang tercantum pada syarat dan ketentuan pengguna BCA KlikPay sebagai media pembayaran pembelanjaan online saya.”.Halaman Syarat dan Ketentuan BCA KlikPay - ceklis pernyataan persetujuan
  7. Klik tombol Setuju.Halaman Syarat dan Ketentuan BCA KlikPay - klik Setuju
  8. Selanjutnya akan muncul halaman “Data Pengguna”.Halaman "Data Pengguna" BCA KlikPay
  9. Lengkapi isian “Data Pribadi”.
    Nama Lengkap
    Alamat Email (yang akan digunakan untuk menerima kode aktivasi & notifikasi)
    Nomor HP (yang akan digunakan untuk menerima kode aktivasi & kode OTP)
    Password (password HARUS kombinasi huruf dan angka sebanyak 6-8 karakter)
    Konfirmasi Password (masukkan kembali password di atas)Halaman "Data Pengguna" BCA KlikPay - isi Data Pribadi
  10. Pilih¬†“Jenis Pembayaran”.
    KlikBCA (masukkan User ID KlikBCA)
    Kartu Kredit BCA (masukkan nomor kartu kredit, kode verifikasi kartu / CVV, dan masa berlaku)Halaman "Data Pengguna" BCA KlikPay - pilih Jenis Pembayaran
  11. Ketik kode yang tampil di gambar acak (captcha) pada kotak isian “Masukkan Kode yang tampil pada gambar di atas”.Halaman "Data Pengguna" BCA KlikPay - masukkan kode acak
  12. Jika isian sudah lengkap, klik tombol Kirim.Halaman "Data Pengguna" BCA KlikPay - klik Kirim
  13. Akan muncul halaman “Konfirmasi Data Pengguna”. Pada halaman ini sebaiknya cek kembali alamat email dan nomor HP apakah yakin sudah benar. Jika salah satu salah memasukkan, maka proses aktivasi tidak akan¬†bisa dilakukan (proses aktivasi membutuhkan 2 kombinasi kode yang dikirim ke alamat email dan kode yang dikirim ke nomor HP melalui SMS).Halaman "Konfirmasi Data Pengguna" BCA KlikPay
  14. Jika isian data masih ada yang perlu diperbaiki, klik Kembali untuk¬†memperbaiki data tersebut di halaman “Data Pengguna”. Jika perbaikan data sudah benar klik tombol Kirim kembali.
  15. Jika data pada halaman “Konfirmasi Data Pengguna”¬†sudah yakin benar, klik tombol Kirim.Halaman "Konfirmasi Data Pengguna" BCA KlikPay - klik Kirim
  16. Terakhir, muncul halaman “Registrasi” yang¬†berisi ucapan terima kasih dan keterangan lainnya.Halaman BCA KlikPay - Registrasi berhasil

Nah, proses pendaftaran ini sudah selesai, kode aktivasi pertama akan dikirim ke alamat email dan kode aktivasi kedua akan dikirim lewat SMS ke nomor HP yang didaftarkan.

Kode aktivasi BCA KlikPay ke alamat email

Kode aktivasi BCA KlikPay yang dikirimkan ke alamat email.

Kode aktivasi BCA KlikPay ke nomor HP lewat SMS

Kode aktivasi BCA KlikPay yang dikirimkan lewat SMS ke nomor HP.

Kedua kombinasi kode aktivasi ini akan digunakan ketika proses aktivasi pada langkah selanjutnya berikut ini.

 

Aktivasi Account BCA KlikPay

Untuk proses aktivasi account BCA KlikPay ini dilakukan di halaman website KlikBCA. Berhubung saya hanya menggunakan KlikBCA Individual, maka tutorial ini adalah untuk pengguna KlikBCA Individual. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka halaman KlikBCA Individual (https://ibank.klikbca.com).
    Website resmi KlikBCA - layanan internet banking bank BCA
  2. Masukkan USER ID dan PIN internet banking KlikBCA kemudian klik tombol Login.
    KlikBCA Individual login.
  3. Setelah masuk, pada menu di kiri klik Administrasi.
    KlikBCA klik menu Administrasi
  4. Akan muncul sub-menu dari Administrasi, lalu klik menu Aktivasi BCA KlikPay.
    KlikBCA - klik menu aktivasi BCA KlikPay
  5. Maka akan¬†tampil halaman “Administrasi – Aktivasi BCA KlikPay”.
    * Di halaman ini selain ada formulir isian untuk aktivasi, di bagian paling bawah juga terdapat tombol KIRIM ULANG KODE AKTIVASI. Tombol ini hanya digunakan sebagai fitur darurat saja jika kode aktivasi kita hilang, pemakaiannya pun dibatasi hanya maksimal 2 kali.
    KlikBCA - halaman aktivasi BCA KlikPay
  6. Lengkapi isian pada halaman ini.
    – Isi KODE AKTIVASI DARI EMAIL
    РIsi KODE AKTIVASI DARI HANDPHONE
    – Pilih NOMOR REKENING
    РMasukkan kode yang tertera di kotak MASUKKAN 8 ANGKA INI PADA KEYBCA ke dalam KeyBCA (perangkat token BCA) pada menu Appli 2.
    РKode yang didapat dari KeyBCA menu Appli 2 di atas, masukkan ke dalam isian RESPON KEYBCA APPLI 2.
    KlikBCA - isi data aktivasi BCA KlikPay
  7. Klik tombol Lanjutkan
    KlikBCA - halaman aktivasi BCA KlikPay klik lanjutkan
  8. Halaman akan berubah menjadi berisi keterangan NOMOR REKENING dan kotak isian RESPON KEYBCA APPLI 1.
    KlikBCA - aktivasi BCA KlikPay halaman respons appli 1
  9. Dapatkan kode Appli 1 dari KeyBCA dan masukkan ke dalam isian RESPON KEYBCA APPLI 1 tersebut.
    KlikBCA - aktivasi BCA KlikPay isi respons appli-1
  10. Klik tombol Kirim.
    KlikBCA - aktivasi BCA KlikPay isi respons appli-1 dan klik kirim
  11. Jika sudah, maka akan muncul halaman keterangan bahwa aktivasi BCA KlikPay telah berhasil.
    KlikBCA - aktivasi BCA KlikPay berhasil

Selanjutnya, akan ada pemberitahuan ke alamat email yang memberitahukan bahwa proses aktivasi KlikPay ini statusnya telah berhasil.

Email pemberitahuan bahwa proses aktivasi BCA KlikPay statusnya berhasil

Email pemberitahuan bahwa proses aktivasi BCA KlikPay statusnya berhasil

Dengan begitu berarti proses aktivasi sudah selesai dan account BCA KlikPay sudah siap digunakan.

Nah, demikianlah panduan lengkap cara melakukan registrasi layanan BCA KlikPay, dan sekarang anda sudah bisa berbelanja online dengan pembayaran menggunakan¬†account BCA KlikPay. Jika ada informasi yang perlu ditambahkan atau mau bertanya bisa melalui kolom respons di bawah ya… Selamat belanja!¬†ūüôā

 


 

Tutorial Tambahan: Ujicoba OTP (One Time Password) BCA KlikPay Pertama Kali

Sebagai informasi tambahan saja, mari kita coba simulasi cara kerja kode keamanan BCA KlikPay atau yang disebut dengan OTP (One Time Password) untuk pertama kalinya. Kita bisa mengetesnya dengan mencoba mengakses halaman profil (data pribadi) kita di website BCA KlikPay. Kalau ingin mencoba, silakan perhatikan langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Buka kembali halaman BCA KlikPay (https://klikpay.klikbca.com).
    BCA KlikPay - halaman depan
  2. Kemudian masukkan Alamat Email dan Password yang kita daftarkan pada proses awal pendaftaran tadi.
    BCA KlikPay - login
  3. Isikan juga kode acak yang tampil pada gambar.
    BCA KlikPay - masukkan kode acak (captcha)
  4. Klik tombol Login.
    BCA KlikPay - klik Login
  5. Maka akan masuk ke dalam halaman “Selamat Datang di BCA KlikPay”. Pada halaman ini terdapat keterangan login terakhir account BCA KlikPay kita. Pada menu sebelah kiri, terdapat menu-menu:
    –¬†My BCA KlikPay
    – Administrasi
    – Help
    – Logout
    BCA KlikPay - masuk halaman selamat datang
  6. Pada menu sebelah kiri, klik menu My BCA KlikPay maka akan muncul sub-menu di bawahnya.
    BCA KlikPay - klik menu My BCA KlikPay
  7. Sekarang kita coba klik sub-menu Profil.
    BCA KlikPay - klik menu Profile
  8. Maka akan muncul halaman untuk mendapatkan kode OTP sebelum kita bisa masuk ke halaman profil.
    BCA KlikPay - menu Profile halaman OTP
  9. Klik tombol Kirim OTP, untuk mendapatkan kode OTP agar bisa mengakses menu profil ini. Permintaan kirim OTP hanya dibatasi maksimal 3 kali untuk setiap transaksi / akses.
    BCA KlikPay - klik Kirim OTP
  10. Akan muncul halaman dengan keterangan “Anda telah melakukan permintaan pengiriman OTP ke-1”. Kode OTP tersebut akan dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone¬†yang tadi didaftarkan.
    BCA KlikPay - permintaan OTP ke-1

    BCA KlikPay - SMS berisi kode OTP

    SMS berisi kode OTP untuk mengakses halaman Profile

  11. Masukkan kode yang terdapat pada SMS tersebut ke dalam kotak isian Kode OTP.
    BCA KlikPay - masukkan kode OTP
  12. Klik tombol Kirim.
    BCA KlikPay - klik tombol Kirim
  13. Dan sekarang halaman profil kita sudah bisa terbuka. Pada halaman ini kita bisa mengganti password, menghapus ataupun menambahkan Jenis Pembayaran.
    BCA KlikPay - halaman Profile

Dan itulah simulasi penggunaan kode OTP untuk mengakses halaman profil pada BCA KlikPay. Cara penggunaan kode OTP untuk melakukan pembayaran transaksi online, prosesnya kira-kira sama seperti proses ini.

Untuk cara pembayaran belanja online menggunakan BCA KlikPay ini, jika ingin lebih jelas bisa disimak pada artikel Belanja Online dengan KlikPay BCA.

 

Catatan tambahan:

Untuk menghindari penipuan dan menjaga keamanan account BCA KlikPay ataupun KlikBCA anda, sebaiknya perlu diperhatikan hal-hal ini.

  • Jangan memberitahu PIN, password maupun kode OTP pada siapapun.
  • Pastikan email yang mengatasnamakan KlikBCA maupun BCA KlikPay yang kita terima adalah email resmi dari pihak BCA (…@klikbca.com). Untuk KlikBCA biasanya alamat emailnya adalah klikbca@klikbca.com, sedangkan untuk BCA KlikPay yaitu¬†bcaklikpay@klikbca.com.
  • Jangan sembarangan meng-klik link untuk login yang tertera pada email, jika alamat email pengirimnya mencurigakan (bukan alamat email resmi seperti poin di atas). Lebih baik langsung mengakses layanan KlikBCA atau BCA KlikPay dengan mengetik alamat website pada browser anda.
  • Ketika akan membuka halaman KlikBCA maupun BCA KlikPay pada browser, harap perhatikan benar-benar alamat website yang kita buka. Alamat resmi kedua layanan tersebut HARUS persis seperti yang dicantumkan pada bagian artikel proses pendaftaran dan aktivasi BCA KlikPay di atas.

Untuk menjaga keamanan account BCA KlikPay selengkapnya bisa dilihat di artikel Tips Keamanan BCA KlikPay.


profile-avatar Arief Rahman Hakim
A WordPress enthusiast. Web designer & WordPress theme developer. Love photography & coffee.

Respons

Ada 3 respons untuk “Registrasi BCA KlikPay”.

  1. Randika

    Klikpay ini sama dengan kartu kredit ga si pak? Saya liat di beberapa merchant bisa pakai klikpay dengan cicilan kayak di Bhinneka gitu.

    1. Beda…

      BCA KlikPay ini layanan khusus untuk pembayaran belanja online. Tujuannya biar transaksinya lebih cepat, aman dan praktis.

      Seperti yang saya jelaskan di tutorial di atas, sumber dana (jenis pembayaran) yang bisa dipakai untuk KlikPay ini ada 2 pilihan yaitu rekening bank BCA atau kartu kredit BCA.

      Kalau pembayarannya ingin dicicil seperti beberapa toko online yang bisa pakai KlikPay dengan cicilan kayak di Bhinneka itu, pilihan sumber dana (jenis pembayaran) nya harus pilih yang kartu kredit BCA. Jadi kalau pilihan yang ini tetap harus punya kartu kredit, KlikPay hanya berfungsi sebagai layanan penghubung/perantara kartu kredit saja. Tujuannya supaya aman, karena data kartu kredit tidak terekspos di website toko online tersebut.

      Kalau seperti saya yang tidak punya kartu kredit BCA, pilihan sumber dana (jenis pembayaran) nya pilih yang rekening bank BCA (KlikBCA). Jadi sewaktu transaksi menggunakan KlikPay, saldo di rekening saya langsung terpotong sesuai dengan jumlah transaksi pembelian di toko online tersebut.

      Mungkin kalau pernah dengar, KlikPay ini hampir sama dengan Paypal.

      Untuk penjelasan lengkap tentang KlikPay ini nanti saya update artikelnya di blog ini ya…

      1. Andri Rahadian

        Mantap
        Sy penasaran dg klikpay bca ini… ditunggu bangett ya artikel penjelasanya…

        Trims ūüôā

Beri Respons