Pembelian Shuma Cocktail Shaker via Bukalapak

Sekitar bulan Juli 2015, saya membeli sebuah wadah pengocok minuman atau istilah umumnya cocktail shaker dari situs jual beli online Bukalapak. Setelah memilih dari beberapa produk dari pelapak (penjual) di situs ini, akhirnya pilihan jatuh pada Shuma cocktail shaker dari penjual dengan nama Markus Arya Pratama (nama pengguna: _markus). Keputusan ini diambil karena harga yang ditawarkan ternyata lebih murah dibandingkan penjual lainnya. Karena saya memerlukan barang ini segera, jadi saya tidak mengecek terlebih dahulu profil dan feedback untuk penjual ini. Saya langsung saja menyelesaikan transaksi dan melakukan pembayaran.

Setelah paket pembelian barang sampai, saya langsung saja membongkar paket tersebut. Ok, sekarang kita lihat proses unboxing paket Shuma Cocktail Shaker tersebut, ini dia videonya.

Setelah dibuka paketnya dan diperiksa ternyata kualitas barangnya kurang bagus. Pada permukaan shaker tersebut banyak guratan dan bercak, yang entah karena tergesek atau akibat disimpan terlalu lama.

Sewaktu dicoba pun ada sedikit masalah, yaitu ukuran penutup kecil shaker ini tidak pas dengan ‘kepala’-nya alias terlalu longgar. Akibatnya ketika produk ini diguncangkan terlalu kencang, penutupnya sering terlepas dengan sendirinya. Jadi ketika penggunaan selanjutnya supaya tidak lepas, penutup cocktail shaker ini harus ditahan dengan tangan.

Shuma Cocktail shaker, terpisah per bagian

Meskipun ada beberapa kekurangan, tapi saya tidak berniat untuk melakukan klaim pengembalian barang. Saya rasa waktu yang terbuang untuk melakukan klaim pengembalian barang tidak sebanding dengan nilai barang yang nilainya tidak seberapa ini. Dan saya pikir-pikir juga masalah kecil pada produk ini tidak terlalu mengganggu, apalagi barang ini hanya untuk diperlukan sesekali.

Tapi terlepas dari itu, saya penasaran untuk sedikit menyelisik si penjual barang ini dan bagaimana respon dari pembeli yang mungkin saja menerima barang dengan kondisi sama seperti yang barang saya terima. Dan setelah saya cek di profil pelapak tersebut di situs Bukalapak, ini dia beberapa feedback yang diterima si pelapak:

Feedback di Bukalapak (pelapak: Markus Arya Pratama)

Feedback pelapak Markus Arya Pratama.

Nah itu dia, ternyata ada banyak pembeli yang mengalami kekecewaan. Dan 2 orang pembeli kasusnya hampir mirip dengan yang saya alami, barang yang diterima dalam keadaan kurang baik. Yang lainnya kebanyakan transaksinya dibatalkan karena pelapak tidak dapat melayani pembelian melalui payment system Bukalapak. Meskipun begitu, ada juga beberapa pembeli yang puas dengan transaksinya.

Itu dia ulasan singkat pembelian sebuah Shuma Cocktail Shaker melalui situs web jual beli Bukalapak dari penjual Markus Arya Pratama. Semoga pengalaman saya ini bisa dijadikan pelajaran bagi kita semua.

Kalau ada yang mengalami kejadian serupa, boleh dibagi di kolom respons di bawah. 😉


Respons

Beri Respons